5 Masjid di Indonesia ini bentuknya tak biasa, ada yang mirip gereja

Brilio.net / 20 April 2017 / wow!




Brilio.net - Belakangan banyak pengguna media sosial diriuhkan dengan kontroversi desain bangunan Masjid Raya Jakarta yang diberi nama Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari di Daan Mogot Jakarta Barat. Masjid yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tersebut dianggap beberapa pengguna media sosial memiliki desain sama dengan salib, yang merupakan simbol kepercayaan bagi penganut agama Kristen.

 

NULL
foto: facebook.com

Beruntungnya kontroversi tersebut tidak berlarut-larut. Padahal di Indonesia sendiri, ada banyak masjid yang bangunnya sangat unik dan berbeda dengan bangunan masjid pada umumnya. Bahkan ada banyak masjid yang bangunannya mirip dengan tempat ibadah agama lain, dan itu tidak masalah maupun dipermasalahkan selama ini.

Berikut ini brilio.net rangkum dari beberapa sumber, Senin (17/4), 5 masjid di Indonesia ini bentuknya tak biasa, ada yang serupa candi:

 

1. Masjid Menara Kudus.

NULL
foto: abriummi.com


Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan Masjid Menara Kudus, sebuah masjid kuno yang dibangun oleh Sunan Kudus sekitar tahun 1549 Masehi. Masjid ini berlokasi di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Keunikannya terletak pada desain masjid dan menara yang serupa dengan bangunan candi. Selain itu pola arsitekturnya juga memadukan konsep budaya Islam dengan budaya Hindu-Budha yang memiliki sejarah keharmonisan di masa lalu.

 

2. Masjid Cheng Ho Surabaya.

NULL
foto: facebook.com/Masjid Cheng Ho Surabaya


Jika tadi Masjid Menara Kudus erat dengan budaya Hindu-Budha, kini Masjid Cheng Ho di Surabaya ini lebih kental nuansa Tionghoanya. Masjid Cheng Hoo Surabaya menjadi masjid bernuansa Muslim Tionghoa yang berlokasi di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya. Masjid Cheng Ho yang bediri sejak Oktober 2002 ini dikenal dengan bangunannya yang menyerupai kelenteng atau rumah ibadah umat Tri Dharma.

 

3. Masjid Cipari berbentuk mirip Gereja.

NULL
foto: zonamasjid.com


Masjid Asy-Syura atau yang sering juga disebut Masjid Cipari ini merupakan salah satu masjid tertua di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Masjid ini berlokasi di sebuah desa bernama Cipari, Pangatikan. Dibangun tahun 1895 dan selesai pada tahun 1934 oleh salah seorang tokoh agama bernama K.H. Yusuf Taudziri. Masjid ini memiliki keunikan karena mirip dengan bangunan gereja karena bentuk bangunannya yang memanjang dengan pintu utama persis di tengah-tengah nampak muka bangunan, juga keberadaan menaranya yang terletak di ujung bangunan persis di atas pintu utama.

 

4. Masjid Tua Indrapuri.

NULL
foto: kemenag.go.id

Masjid Kuno Indrapuri awalnya merupakan sebuah candi dari Kerajaan Hindu Lamuri sekitar abad ke-12 Masehi dan merupakan tempat pemujaan sebelum agama Islam masuk. Masjid ini berdiri di atas tanah seluas 33.875 meter persegi di tepi sungai Krueng Aceh. Kono dulunya kerajaan Hindu Lamuri perang dengan pasukan bajak laut dari Cina, dan pada akhirnya, perang dimenangkan oleh Kerajaan Lamuri atas bantuan Meurah Johan yaitu Pangeran dari Lingga, yang kemudian menjadikan Kerajaan Lamuri sebagai penganut Islam kemudian bangunan diubah menjadi sebuah masjid. Namun hingga kini desain bangunannya tidak banyak berubah.

 

5. Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari Daan Mogot.

NULL
foto: merdeka.com


Presiden Joko Widodo meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari Jakarta didampingi Menag Lukman Hakim Saifuddin, Plt Gubernur Sumarsono dan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi pada Sabtu (15/4). Masjid yang disebut-sebut mirip lambang salib tersebut dibantah langsung oleh arsitekturnya yaitu Adhi Moersid. Kepada awak media, Adhi Moersid menceritakan bahwa masjid itu merupakan konsep dalam desain bangunan dengan karakteristik budaya Betawi. Sedangkan dengan desain atapnya bercirikan atap pelana dan limasan di rumah Betawi Bapang dan Joglo.




Kontroversi Arsitektur Arsitektur Masjid Masjid


Artikel Terkait

Bikin heboh penampakan menyeramkan di acara dangdut, netizen ketakutan

Ada yang menganggap itu penampakan kuntilanak, namun ada pula yang tidak percaya.


Arsitek ini gambarkan gangguan mental dalam bentuk ilustrasi bangunan

Ilustrasi berbentuk bangunan tersebut sangat akurat.


Lebih kocak dari Rumah Abu Nawas, rumah mewah ini cuma tipuan belaka

Bayangin aja deh, kamu sendiri punya rumah kayak gitu.