4 Seleb ini terpilih jadi gubernur, ada yang warisi darah politik ayah

Brilio.net / 20 April 2017 / selebritis




Brilio.net - Sudah berbakat jadi aktor, berbakat pula jadi politisi. Sepertinya ungkapan ini cocok di sematkan untuk beberapa seleb berikut ini. Tak hanya jago berakting sehingga membuat mereka menjadi aktor dan aktris yang diakui di dunia hiburan dan dunia film, aktor dan aktris berikut rupanya jago di bidang politik, dan beberapa di antaranya berhasil menjadi gubernur.

Penasaran siapa saja seleb yang menjadi gubernur? Simak yuk daftarnya berikut ini yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (19/4).

1. Rano Karno.

NULL

foto: wikipedia.com

Tak cuma jago dalam berakting dan kemudian menjadi aktor kawakan, Rano Karno juga menjadi politisi dengan menjabat gubernur. Ia menjabat sebagai Gubernur Banten sejak 12 Agustus 2015. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Banten sejak 13 Mei 2014 hingga 12 Agustus 2015 menggantikan Ratu Atut Chosiyah yang dinonaktifkan karena terkait kasus suap pilkada di MK.

Dalam Pilkada kemarin, Rano sebenarnya maju lagi untuk mempertahankan kekuasannya. Dia berpasangan dengan Embay Mulya Syarif. Sayang, bintang Si Doel Anak Sekolahan ini kalah dari pesaingnya, Wahidin Halim-Andika Hazrumy. Wahidin-Andika mendapat 50,95% dan Rano-Embay 49,05%.

2. Zumi Zola.

NULL

foto: twitter.com

Zumi Zola sebelumnya dikenal sebagai aktor yang membintangi beberapa film dan sinetron di Indonesia. Tapi dia mewarisi darah politik ayahnya, Zulkifli Nurdin, mantan gubernur Jambi periode 1999-2004 dan 2005-2010.

Karier politik Zumi dimulai saat menjadi bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2016. Lalu pada Pilkada serentak 2015, Zumi Zola berpasangan dengan Fachrori Umar, terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Jambi untuk periode 2016-2021.

3. Arnold Schwarzenegger.

NULL

foto: storypick.com

Arnold Alois Schwarzenegger adalah seorang aktor, binaragawan, politikus Partai Republik, dan pengusaha yang menjabat sebagai Gubernur California ke-38 dari tahun 2003 hingga 2011. Ia terpilih pada 7 Oktober 2003 dalam Pemilu California 2003 yang dipercepat untuk menggantikan Gray Davis dari posisi gubernur. Schwarzenegger dilantik pada 17 November untuk memangku masa jabatan Davis yang tersisa hingga Januari 2007.

4. Vilma Santos.

NULL

foto: thephliphinoconnection.net

Ia adalah salah satu aktris besar di Filipina sebelum akhirnya menjadi gubernur perempuan pertama di Batangas. Batangas merupakan provinsi di Filipina. Ibu kotanya ialah Batangas City. Vilma menjabat sebagai gubernur sejak 30 Juni 2007 hingga 30 Juni 2016. Setelah tak menjabat gubernur, mantan artis yang lekat dengan sapaan Ate Vi ini terpilih menjadi anggota parlemen Batangas.




Artis Kehidupan Artis Sosok Inspiratif Gubernur Politisi Ganteng Politisi Perempuan


Artikel Terkait

Cerita haru ibu-ibu buruh gendong di Pasar Beringharjo

Usia rata-rata di atas 50 tahun tapi masih kuat membawa barang hingga 70 kg.


Mengenal Velix, prajurit yang jago saksofon & ngiringin banyak artis

Dia mulai bisa bermain saksofon sejak tahun 2013.


5 Pelajar Indonesia ini sukses mencuri perhatian dunia lewat prestasi

Mereka memulai semua dengan usaha dan kerja keras.


Potret bocah antar kakaknya ke rumah sakit ini bikin netizen tersentuh

kakaknya mengalami kondisi yang memprihatinkan. Salah satu organnya mengalami luka parah yakni ginjalnya robek.