Bikin boyband di Indonesia, ini 8 grup sukses SM Entertainment Korea

Brilio.net / 20 April 2017 / musik




Brilio.net - Acara Indonesia-Korea Business Summit di Hotel Shangri-La, Jakarta Selatan, yang diadakan pekan lalu bisa dibilang sebagai sebuah keberuntungan tersendiri bagi fans K-Pop di Indonesia. Selain leader Super Junior, Leeteuk yang menjanjikan konser Super Junior di Indonesia tahun depan, CEO SM Entertainment, Lee Soo-man, juga mengumumkan bakal membentuk boyband di Tanah Air kita tercinta.

NULL

Lee Soo-man saat mengisi acara 'Indonesia-Korea Business Summit'

Dalam pidatonya, pendiri SM ini menjelaskan tentang agensi mereka yang berhasil mendebutkan boygrup baru dengan nama Neo Culture Technology (NCT) sebagai global brand. Secara mengejutkan, Lee Soo-man mengumumkan bahwa ia berniat untuk membentuk NCT Indonesia.

NCT merupakan boyband K-Pop yang memang memiliki konsep grup yang memiliki member tak terhingga. Grup ini nantinya akan dibagi menjadi sub-unit berbasis kota atau regional di dunia. Untuk saat ini SM sudah meluncurkan NCT sub-unit seperti NCT U, NCT 127 dan NCT Dream.

NULL

NCT Dream, salah satu sub-grup NCT

“Kami berencana untuk mengadakan audisi di Indonesia untuk memilih anggota yang akan aktif di NCT Indonesia dan juga menjadi NCT Asia di masa depan,” ungkap Lee Soo-man, dilansir brilio.net dari Soompi, Jumat (17/3).

SM Entertainment sendiri adalah salah satu agensi idol terbesar di Korea Selatan. Grup-grup debutan SM Entertainment bisa dibilang sebagai grup sukses dan merajai chart musik serta berhasil menjadi global artis. Buat kamu yang belum tahu, yuk simak ulasan brilio.net, Jumat (17/3), tentang grup sukses yang dinaungi oleh SM Entertainment.

1. H.O.T.

NULL


Boyband ini bisa dibilang sebagai pelopor tren 'grup idola' di industri musik Korea Selatan. H.O.T. berhasil mengubah arus utama musik Korea ke dalam musik bagi generasi muda kala itu. Terdiri dari lima remaja pada saat debut mereka, mereka dibentuk untuk target peminat remaja secara khusus, maka nama mereka 'High-five Of Teenagers'. Grup ini dibentuk pada tahun 1996 dan bubar pada tahun 2001.

2. Shinhwa.

NULL


Grup yang memiliki enam anggota ini debut pada 24 Maret 1998 di bawah SM Entertainment. Namun setelah kontrak mereka berakhir pada tahun 2003, mereka memutuskan untuk berpindah agensi. Hingga saat ini, grup ini masih solid dan berkarier di bawah agensi mereka sendiri, Shinwha Company.

3. S.E.S.

NULL


Grup ini terdiri dari tiga member, yaitu Badam, Eugene, dan Shoo. Di awal mereka debut pada tahun 1997, S.E.S sering disebut sebagai 'saudara kembar' dari H.O.T dan meraih kesuksesan di waktu yang sama. Grup ini juga dianggap sebagai pelopor girlband yang sukses kala itu. Setelah kontrak dengan SM berakhir, S.E.S resmi bubar pada tahun 2002.

Namun pada tahun 2017 ini, dalam rangka 20 tahun anniversary mereka, SM Entertainment mengeluarkan single untuk mereka yang berjudul Remember yang dirilis pada 2 Januari kemarin.

4. TVXQ / DBSK.

NULL


Eksistensi yang luar biasa di dunia entertainment serta berbagai macam prestasi yang diraih selama 10 tahun memang membuat TVXQ pantas disebut sebagai legenda idola K-Pop. Debut pada tahun 2003 dan terdiri dari lima orang anggota, Yunho, Changmin, Jaejoong, Yoochun dan Junsu.

Grup ini lantas menuai kesuksesan begitu single mereka dirilis pada tahun 2004. Selain sukses di Korea, TVXQ juga dikenal sebagai pembuka gerbang 'pintu' pasar musik Jepang bagi musik Korea bersama dengan BoA. Meski sekarang hanya tinggal dua member saja setelah Jaejoong, Junsu dan Yoochun keluar dari TVXQ dan membentuk JYJ, mereka masih dinantikan oleh penggemar, lho!

5. Super Junior.

NULL


Boyband asal Korea Selatan ini dibentuk pada tahun 2005 oleh produser Lee Soo-man dari perusahaan rekaman S.M. Entertainment, grup ini terdiri dari 13 member. Mereka mulai dikenal publik Internasional setelah merilis single 'Sorry, Sorry' pada tahun 2009 dan menjadi salah satu lagu legend di musik K-Pop. Secara umum kesuksesan Super Junior dipengaruhi oleh kemampuan mereka sebagai entertainer, memandu acara, variety show dan musikal.

6. Girls' Generation.

NULL


Atau bisa disebut Sonyeo Shidae (SNSD) adalah girlgrup yang dibentuk pada tahun 2007. Grup ini terdiri dari delapan anggota yakni Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun. Pada 30 September 2014, S.M. Entertainment secara resmi mengumumkan bahwa Jessica sudah tidak aktif di SNSD.

Mereka memang mulai menarik publik sejak mengeluarkan lagu 'Into the New World' dan 'Kissing You', namun baru pada tahun 2009 mereka meraih popularitas yang signifikan lewat single 'Gee', yang kemudian dinamai sebagai Song of the Decade di Korea Selatan. Hingga saat ini grup ini masih bisa disebut sebagai top girlband yang belum bisa ditandingi oleh girlband manapun.

7. SHINee.

NULL


Grup ini dibentuk pada tahun 2008 yang terdiri dari lima anggota, yaitu Onew, Jonghyun, Key, Minho dan Taemin. Mereka resmi debut pada 25 Mei 2008 dengan single yang berjudul 'Replay'. Sejak debut hingga saat ini SHINee telah merilis sembilan album (lima berbahasa Korea dan empat berbahasa Jepang), lima album mini, tiga album konser, dan beberapa single Jepang.

Grup ini juga telah meraih banyak penghargaan, menggelar empat tur konser dan membintangi variety show mereka sendiri. SHINee dianggap sebagai ikon fashion setelah menciptakan gaya berbusana yang disebut 'Tren Shinee' serta sebutan 'CDNee' yaitu grup yang memiliki gerakan tari mereka yang kompak dan rumit namun bisa menyanyikan lagu secara LIVE dan sempurna layaknya CD.

8. EXO.

NULL


EXO dibentuk oleh SM pada tahun 2011 dan resmi debut pada tahun 2012 dengan 12 anggota yang dibagi menjadi dua sub, yaitu EXO K dan EXO M, di mana masing-masing sub akan menyanyikan lagu dalam bahasa Korea dan Mandarin.

EXO meraih puncak kepopuleran dengan dirilisnya album pertama mereka, XOXO (2013), yang menelurkan single hits 'Growl'. XOXO sukses baik secara kritikal maupun komersial, serta berhasil memenangkan penghargaan 'Disk Daesang' di Golden Disk Awards ke-28 dan 'Album Terbaik Tahun Ini' di Mnet Asian Music Awards ke-15.

Album tersebut terjual lebih dari satu juta kopi, menjadikan EXO sebagai musisi Korea dengan penjualan terbanyak dalam kurun waktu 12 tahun terakhir. Hingga saat ini, rekor demi rekor mereka pecahkan. Dan tak hanya dalam hal bermusik, beberapa anggota juga melebarkan sayap di berbagai bidang seperti variety show, dan juga akting.

Nah, melihat kesuksesan dari grup yang dinaungi oleh SM Entertainment tersebut bukan tidak mungkin kalau NCT serta NCT Indonesia bisa meraih kesuksesan yang sama. Wah, nggak sabar dong?

 




Musik Korea Boyband Korea Boyband Korea


Artikel Terkait

Jay Park, dari idol K-Pop hingga partner Anggun di Asia's Got Talent

Dirinya sempat bergabung dengan boyband 2PM.


10 Album K-Pop dengan design terunik, ada yang dalam bentuk flashdisk

Hal ini bikin penggemar bisa beli lebih dari satu buah album.


Transformasi member Wanna One, dari culun sampai ganteng-ganteng gemes

Debut Wanna One yang akan diresmikan pada tanggal 7 Agustus mendatang.


SNSD diundang ke Indonesia untuk acara HUT RI, netizen malah kecewa

SNSD ke Indonesia untuk tampil di acara bertajuk "Countdown Asian Games 2018" atau "Selebrasia 2018".


Dianggap lecehkan Islam, K-Drama 'Man Who Dies to Live' dikecam dunia

Ada adegan yang memperlihatkan wanita berhijab tetapi mengenakan bikini.


Ini 7 oppa K-Drama pendatang baru yang wajib kamu nantikan dramanya

Mereka berhasil menyedot perhatian pecinta K-Drama.