Jangan katakan 10 kalimat ini kepada temanmu yang sedang depresi

Brilio.net / 17 Mei 2017 / kepribadian




Brilio.net - Stres dan depresi merupakan hal yang bisa saja terjadi pada setiap orang. Banyak hal yang bisa menyebabkan depresi, bisa itu masalah yang sangat berat ataupun tekanan. Kondisi ini membuat sang penderita merasa bingung akan dirinya sendiri.

Kalau sudah depresi, seseorang tentu butuh orang lain untuk menenangkan pikirannya. Baik itu teman, sahabat, atau pasangan. Namun masalahnya, seseorang yang depresi dapat menjadi sangat sensitif dan rentan. Terkadang, satu kata yang salah justru dapat memperburuk keadaan.

Nah berikut brilio.net lansir dari laman Brightside, Jumat (24/2), 10 kalimat yang sebaiknya kamu hindari jika berhadapan dengan temanmu yang sedang depresi. Perhatikan ya...

1. Ayolah, ada masalah yang lebih buruk daripada yang kamu alami.

NULL

Faktanya, seseorang yang memiliki masalah lebih berat tidak akan menyelesaikan masalah temanmu.

Kamu bisa katakan: Aku ikut sedih karena masalahmu. Apa yang bisa aku lakukan untukmu?

2. Percaya aja sama dirimu sendiri, besok pasti lebih baik.

NULL

Meyakini teman jika ia bisa dan punya kemampuan untuk lebih baik sah-sah saja. Tapi yang perlu diingat, keadaan depresi faktanya tidak akan hilang hanya dalam semalam.

Kamu bisa katakan: Hadapi langkah demi langkah. Aku akan selalu ada di setiap keputusanmu untuk membantumu.

3. Hidup memang nggak adil.

 

NULL

Mengatakan hidup memang nggak adil tidak akan membuat perasaannya lebih baik tapi justru membuat depresi temanmu semakin dalam. Ia akan semakin merasa tertekan.

Kamu bisa katakan: Aku ikut menyesal. Kita bisa mengatasi ini semua bersama-sama.

4. Life goes on, dude!

NULL

Ya, memang benar, apapun yang dirasakan hidup terus berputar. Tapi yang perlu diingat, penderita depresi biasanya sangat rentan dan sensitif. Mereka akan merasa bahwa justru depresi tidak membiarkan mereka hidup normal.

Kamu bisa katakan: Hidupmu masih penuh dengan banyak hal yang bisa dijalani. Mari kita jelajahi semuanya sama-sama.

5. Aku tahu apa yang kamu rasakan, aku juga pernah merasakannya.

NULL

Faktanya, setiap orang memiliki cara menyelesaikan masalah yang berbeda-beda. Ada yang suka menyendiri, ada yang suka ditemani, bahkan ada yang cukup dengan tidur ia bisa lebih tenang. Menyamakan masalahmu dengan sesuatu yang sedang dihadapi bukanlah ide yang baik.

Kamu bisa katakan: Aku tidak bisa membayangkan apa yang sedang kamu lalui. Tapi aku akan melakukan yang terbaik untuk memahamimu.

6. Kamu sadar nggak sih kalau kamu egois?

NULL

Kemungkinan besar orang yang sedang depresi akan mengkritik diri mereka sendiri setiap menit. Jadi jangan menambah bensin ke dalam api. Ingat, depresi bukanlah pilihan.

Kamu bisa katakan: Aku kangen banget sama kamu. Apa yang bisa aku lakukan untuk membantumu?

7. Have fun aja dan lupain semuanya.

NULL

Faktanya, perasaan depresi tidak akan menghilang begitu saja hanya dengan bersenang-senang. Perasaan senang mungkin akan datang dan membuat seseorang yang mengalaminya lupa kalau sedang depresi. Tapi kalau sudah selesai bersenang-senang, perasaan itu bisa saja muncul kembali selama masalah belum terselesaikan.

Kamu bisa katakan: Aku ingin menghabiskan lebih banyak waktu denganmu. Bagaimana kalau kita ngopi sambil bicara dari hati ke hati?

8. Bro, kamu kok ngeluh terus.

NULL

Seseorang yang sedang depresi akan mencoba untuk mengatasi diri mereka sendiri setiap menitnya. Ia juga sangat sensitif dan tidak ingin merasa menjadi beban bagi orang lain.

Kamu bisa katakan: Aku tidak suka kalau kamu terlalu sedih. Bagaimana kalau kita perbaiki semuanya?

9. Kenapa kamu marah sekali?

NULL

Yang namanya depresi tentu membuat perasaan hati kacau balau. Marah, sedih, murung tentu adalah hal yang wajar. Tanpa kamu katakan temanmu juga tahu akan hal itu.

Kamu bisa katakan: Maaf aku tidak mengerti kenapa kamu merasa begitu buruk. Jangan khawatir, aku ada di sini.

10. Berhenti menyesali dirimu sendiri.

NULL

Depresi dan 'mengasihani diri sendiri' adalah dua hal yang berbeda. Meski keduanya sering berjalan beriringan.

Kamu bisa katakan: Aku tahu ini sulit bagimu. Apa yang bisa aku lakukan untuk membantumu?




Stres Depresi kepribadian Stres Menandakan Hidup yang Bermakna


Artikel Terkait

7 Potret beda gaya ini bukti ada dua tipe cewek di dunia

Setiap manusia mempunyai keunikan masing-masing.


Pilih 1 dari 9 pohon ini, kamu bisa tahu apa harapanmu di tahun 2018

Dijamin bakal bikin kamu lebih semangat menjalani 2018.


Ini lho 10 hal yang dilihat cewek sebelum menerima cinta si cowok

Cewek nggak melulu pengen mendengar kata-kata manis berupa rayuan.


Kenapa musisi 3 kali lebih beresiko alami depresi? Ini penjelasannya

Terbaru, vokalis band Linkin Park Chester Bennington meninggal dengan cara gantung diri.