Liburan ke Karimunjawa makin mudah dengan tambahan kapal ini, asyik..

Brilio.net / 20 April 2017 / jalan-jalan




Brilio.net - Karimunjawa jadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati wisatawan. Apalagi sekarang makin mudah pergi ke sana dengan menggunakan kapal yang disediakan oleh PT Pelni. Kapal tersebut bisa mengangkut lebih dari 50 penumpang dan tentu saja meski cuaca buruk kapal tersebut masih bisa berlayar.

Setelah KM Kelimutu sukses berlayar tiap dua minggu sekali terhitung 2015 lalu, rupanya permintaan dari para wisatawan sangat tinggi. Akhirnya pada 11 Maret 2017 kemarin, PT Pelni menambah satu kapal penumpang yang menuju ke Karimunjawa, Jawa Tengah. Penambahan ini untuk merespons kebutuhan penduduk di Kepulauan Karimunjawa yang membutuhkan moda transportasi yang mampu berlayar di cuaca buruk sekalipun.

“KM Lawit sudah berlayar ke Karimunjawa terhitung 11 Maret kemarin. Kapal berkapasitas 1.000 orang ini sandar di Karimunjawa setiap hari Sabtu pada pekan ke-2 dan pekan ke-4 setiap bulannya. Jadwal KM Lawit ini diharapkan mampu mendorong aktivitas perekonomian penduduk di Kepulauan Karimunjawa yang hendak ke Semarang," kata Corporate Secretary PT Pelni Didik Dwi Prasetio dalam siaran pers, Sabtu (18/3).

NULL

Dengan hadirnya KM Lawit, kini setiap minggu ada kapal Pelni yang berlayar ke Karimunjawa. Sejak 2015 lalu memang sudah ada KM Kelimutu yang membawa turis dengan rute Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang-Karimunjawa, yang berangkat setiap pekan ke-1 dan ke-3 setiap bulannya.

“Dengan begitu, setiap pekan ada satu kapal Pelni yang melayani kebutuhan transportasi antara Semarang-Karimunjawa-Semarang atau sebaliknya. Dengan pelayanan di atas kapal yang semakin baik dan lengkap, kami sungguh kontribusi Pelni kepada perekonomian masyarakat maupun industri pariwisata di kedua wilayah tersebut dapat semakin besar,” tambah Didik.

KM Kelimutu yang sudah masuk di Karimun Jawa sejak 2015 ditujukan untuk mengangkut wisatawan dari Semarang yang akan menuju Kepulauan Karimunjawa. KM Kelimutu berangkat dari Semarang setiap Jumat malam, dan kembali ke Semarang pada Minggu siang. KM Kelimutu sendiri berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas ke Karimunjawa pada pekan ke-1 dan ke-3 setiap bulannya.

KM. Kelimutu juga menjadi salah satu kapal untuk kegiatan Study On Board dari Semarang dan Karimunjawa. Ke depannya kami akan mencoba menawarkan kepada wisatawan dari Kumai yang akan berwisata ke Karimunjawa.

Selain mengangkut penumpang dari dan menuju Kepulauan Karimunjawa, KM Kelimutu juga dijadikan sebagai hotel terapung selama bersandar di Kepulauan Karimunjawa. Dengan waktu sandar yang lebih dari 24 jam, sudah beberapa agen perjalanan lokal yang memberikan paket wisata yang menyertakan kapal Pelni sebagai hotel terapung bagi wisatawan yang berminat berkeliling Karimun Jawa selama akhir pekan.




Jalan-jalan Pariwisata Indonesia Destinasi wisata Karimunjawa


Artikel Terkait

8 Potret uniknya wisata sentuh paus, terlihat jinak banget

Momen berdekatan dengan paus ini sangat langka.


Bukan Prancis, ini negara favorit orang Indonesia liburan ke Eropa

Prancis, Inggris, dan Belanda adalah tiga negara yang sering dikunjungi karena memiliki keunikan tersendiri di setiap sudut kotanya.


Ini destinasi wisata di Indonesia yang jadi incaran turis China

"Tahun ini kenaikannya hampir 50 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Hendriyapto.


Catat tanggalnya, Jember Fashion Festival ke-16 segera digelar

Acara ini sekaligus meneguhkan Jember sebagai Kota Karnaval.


Kini keliling Indonesia dengan kapal pesiar mewah biayanya terjangkau

Sensasi perjalanan wisatanya pasti luar biasa.