Dari bertema ramen sampai toilet, 7 museum unik ini cuma ada di Jepang

Brilio.net / 17 Mei 2017 / jalan-jalan




Brilio.net - Jalan-jalan ke Jepang jangan cuma belanja atau menikmati budayanya yang unik, serta jangan cuma kulineran saja lho, guys. Sebab, di Jepang ada pula wisata sejarah berupa museum dan uniknya, museum-museum di Jepang ini bukan museum biasa. Dari museum manga sampai museum toilet pun ada. Jangan sampai nggak mampir ke museum-museum unik ini kalau ke Jepang, ya.

Apa saja sih museum-museum yang bakal bikin kamu melongo dan terkagum-kagum di Jepang ini? Simak deretannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (15/4).

1. Museum Ramen Shin-Yokohama.

NULLfoto: tt.tennis-warehouse.com

Salah satu museum yang unik di Jepang adalah Museum Ramen Shin-Yokohama. Museum ini terletak di Yokohama, Jepang. Di museum ini, kamu nggak cuma asal melihat ramen, tapi kamu juga bisa belajar sejarah perkembangan ramen dan berbagai varian ramen di Jepang. Museum ini juga punya tempat makan ramen ala Jepang tempo dulu.

2. Museum Ghibli.

NULLfoto: granuelka.livejournal.com

Museum Ghibli merupakan museum yang dibangun oleh Hayao Miyazaki, sosok dibalik film dan manga Spirited Away, Princess Mononoka, Ponyo on the Cliff by the Sea, dan lain-lain.

Ide pembangunan museum sendiri muncul pada tahun 1998, namun baru teralisasi pada tahun 2000. Desain museum dikerjakannya sendiri, sehingga sentuhan khas Miyazaki sungguh terasa di setiap bangunan. Museum ini dibuka pada 1 Oktober 2001. Museum Ghibli menyuguhkan sejarah proses pembuatan animasi dari Studio Ghibli. Bagaimana proses pembuatan film animasi yang menyabet Oscar pada tahun 2001, Spirited Away dan karya Studio Ghibli lainnya yang juga ditayangkan di museum ini.

3. Museum Seni Kontemporer Abad 21.

NULLfoto: pinterest.com

Museum ini menyuguhkan karya-karya ilusi mata yang dijamin bakal bikin kamu terbengong-bengong. Secara khusus, museum yang berada di Hirosaka, Kanazawa, Ishikawa, Jepang ini mengoleksi hanya karya yang diproduksi sejak 1980 dan yang memberikan inspirasi baru. Salah stau karyanya yang terkenal adalah instalasi The Swimming Pool karya Leandro Erlich.

4. Museum Snoopy.

NULLfoto: toyokeizai.net

Museum Snoopy ini dibuka di Roppongi, kawasan yang terkenal dengan hiburan malamnya pada tanggal 23 April 2016. Museum ini didedikasikan khusus untuk Snoopy. Anjing putih peliharaan Charlie Brown ini akan menghiasi seluruh sudut museum. Pengunjung berkesempatan melihat karya-karya Schulz yang tidak pernah dipublikasikan, memorabilia langka, dan sejumlah diorama khusus. Sejumlah karya asli yang digambar sebelum seri Peanuts juga disertakan.

5. Museum Doraemon.

NULLfoto: pinterest.com

Museum Doraemon ini berada di Kawasaki City di Jepang yang lokasinya tidak jauh dari Noborito Station. Sebenernya nama museum ini bukan museum Doraemon, melainkan museum Fujiko F. Fujio (nama penulis cerita Doraemon). Karena namanya adalah museum Fujiko F. Fujio, di dalam museum kamu tidak hanya melihat Doraemon saja, melainkan karya Fujiko lainnya juga seperti P-Man, 21-Emon, Mojacko, Kitaretsu, dan masih banyak karya lainnya juga yang bisa dilihat.

6. Museum Toilet Hi-Tech TOTO.

NULLfoto: japanesetime.co.jp

Perusahaan toilet ternama paling inovatif dari Jepang, TOTO, membuka museum toilet di kota Kitakyushu yang berada ujung Utara pulau Kyushu, di mana perusahaan ini berada. TOTO membangun museum toilet ini karena meyakini pentingnya mempertahankan prinsip dasar pendirian museum dan secara tepat menerjemahkan sejarah perusahaan, yang mana hal ini penting untuk diturunkan ke generasi masa akan datang. Cita-cita pendirian sang pemilik yakni mendatangkan kesehatan, gaya hidup berbudaya pada masyarakat Jepang.

7. Museum Gosho Aoyama.

NULLfoto: youtube.com

Pecinta anime dan manga pasti kenal dengan Gosho Aoyama. Ia adalah penulis internasional terkenal manga "Detektif Conan" (Case Closed), "Magic Kaito" dan "Yaiba". Gosho Aoyama dan segala kehidupan serta karya-karyanya ditampilkan di sebuah museum. Nama museum ini adalah "Gosho Aoyama Manga Factory" dan disahkan pada tanggal 18 Maret 2007.




Unik Jepang Museum Orang Jepang Kreatif


Artikel Terkait

5.000 WNI siap pindah ke negara di luar angkasa bernama Asgardia

Wah, namanya mirip dengan negara asal Thor.


Cewek ini selalu dandan cantik pas ke sekolah, tapi aslinya bikin syok

Usianya baru 15 tahun, tapi parasnya bikin semua cowok terpana.


15 Barang nyeleneh ini tak sengaja ditemukan di toko barang bekas

Barang langka yang tak dijual di toko biasa.


Selokan cantik Klaten ala Jepang

Jauh dari kesan kotor dan tak terawat