Ini penjelasan kenapa warna paspor berbeda-beda, nggak nyadar kan?

Brilio.net / 20 April 2017 / ilmiah




Brilio.net - Saat kita ingin berlibur keluar negeri, paspor salah satu benda yang sangat penting. Tapi kalau diperhatikan desain paspor memiliki empat warna. Rupanya, setiap negara memiliki alasan spesifik dalam memilih salah satu dari empat warna untuk paspor mereka.

Dilansir brilio.net dari The Sun, Rabu (22/3) berikut penjelasan kenapa warna paspor berbeda-beda. Disimak yah!

1. Merah

NULL

Merah adalah warna yang paling lazim digunakan. Warna ini biasanya dipilih negara-negara yang memiliki sejarah atau menganut sistem komunis. Warga Slovenia, Serbia, Latvia, Romania, China, Rusia, Polandia dan Georgia memiliki paspor warna merah. Selain itu, warna ini juga dipakai negara anggota Uni Eropa, kecuali Kroasia.

Negara-negara yang tertarik bergabung dengan Uni Eropa, termasuk Turki, Macedonia dan Albania juga mengganti warna paspor menjadi merah beberapa tahun silam. Sementara itu, negara lain yang memilih merah adalah Bolivia, Kolombia, Ekuador dan Peru.

2. Biru

NULL

Biru adalah warna kedua yang paling banyak digunakan untuk paspor. Biru menyimbolkan "dunia baru" dan warna ini dipakai 15 negara Karibia. Negara-negara di Amerika Selatan, seperti Brasil, Argentina dan Paraguay juga menggunakan paspor biru, sampulnya menyimbolkan hubungan dengan Mercosur, organisasi negara-negara Amerika Selatan.

Salah satu paspor biru yang terkenal adalah milik warga AS, tapi mereka baru menggantinya jadi biru pada 1976. Inggris juga sempat memakai warna biru untuk paspornya, namun warna biru tua itu diganti dengan warna merah anggur pada 1988.

3. Hijau

NULL

Warna hijau pada paspor memiliki simbol alam dan kehidupan. Sebagian besar negara muslim menggunakan paspor warna hijau, misalnya Indonesia, Maroko, Saudi Arabia dan Pakistan. Ini karena hijau dianggap sebagai warna favorit Rasullullah Muhammad SAW.

Sebagian negara Afrika Barat, termasuk Nigeria, Niger dan Segal juga punya warna paspor hijau, tapi warna itu dipilih karena mereka termasuk dalam bagian Economic Community of West African States.

4. Hitam

NULL

Ini adalah warna paspor yang paling jarang. Sebagian negara Afrika, seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Kongo dan Malawi memiliki paspor hitam. Warga negara Selandia Baru juga punya paspor hitam karena itu adalah warna nasional negara tersebut.

 




Paspor Identitas


Artikel Terkait

10 Obat paling penting dalam sejarah umat manusia, semuanya manjur

Obat-obat ini dianggap sangat berjasa karena bisa menyembuhkan segala macam penyakit yang pernah ada di dunia.


Fakta ilmiah di balik tangan masuk logam panas yang tak alami cedera

Sebuah video yang menunjukkan seorang pekerja yang menyelupkan tangannya ke logam cair panas viral baru-baru ini.


Kembaran virtual, teknologi mutakhir yang bikin industri melejit

Digital Twin ini memungkinkan pelanggan untuk mengelola kinerja mesin secara cepat dan tepat.


Nggak ada yang mustahil di sains, temuan ini buktinya

Kultur di General Electric adalah menggarap pekerjaan yang sangat sulit dan dianggap tidak mungkin.


Makin modern, Big Data potensial majukan pertanian Indonesia

HARA adalah solusi digital untuk pertanian yang dibangun Dattabot di atas platform Predix dari GE.