Apa arti angka pada ujung landasan pacu? Ini jawabannya

Brilio.net / 23 Mei 2017 / ilmiah




Brilio.net - Bagi kamu yang kerap bepergian dengan pesawat, tahu nggak arti dari angka yang terpampang di ujung landasan pacu bandara?

Angka tersebut bukanlah nomor atau kode bandara, tetapi sesuatu yang lebih penting menyangkut penerbangan pesawat. Angka tersebut adalah penanda arah mata angin dengan hitungan derajat yang disederhanakan menjadi dua digit angka untuk penulisan pada runway.

NULL

foto: flong.com

Derajat 0 dimulai dari arah utara, kemudian memutar searah jarum jam hingga kembali lagi ke arah utara dengan 360 derajat. Jika terdapat landasan pacu yang mengarah ke utara persis, angka yang tertera pada landasan adalah 36.

NULL

foto: presidential-aviation.com

Jika arah landasan pacu menghadap 278 derajat, maka diberlakukan pembulatan menjadi 280 derajat sebagai angka puluhan terdekat. Angka tersebut kemudian disederhanakan menjadi dua digit, yakni 28, untuk dituliskan pada runway. Sedangkan pada ujung landasan yang berlawanan akan tertulis angka 10 sebagai hasil pembulatan dan penyederhanaan arah 98 derajat ke angka 100.

NULL

foto: stencilease.com

Di bandara yang terhitung sibuk dengan dua atau tiga landasan pacu, kamu akan menemui huruf yang tertulis mendampingi angka pada landasan pacu. Jika terdapat dua landasan pacu, huruf L (left) tertulis pada landasan sisi kiri dan huruf R (right) tertulis pada landasan sisi kanan dilihat dari kokpit pesawat. Huruf C (center) berlaku pada bandara dengan tiga landasan pacu dan ditempatkan pada landasan bagian tengah.

(mgg/dimas satria putra)

 




Pengetahuan Pesawat


Artikel Terkait

Pesawat komersil pertama buatan China ini sukses mengudara

Pesawat ini siap bersaing dengan Boeing dan Airbus.


10 Misteri sains yang belum dipecahkan ilmuwan, apa aja ya?

Para ilmuwan harus rela menghabiskan hidupnya untuk mencari tahu penjelasan tentang misteri sains demi ilmu pengetahuan.


Ini fungsi dari kedua warna di tubuh panda, untuk apa ya?

Tidak hanya membuat lucu saja, tapi ada fungsinya lho.


10 Potret mengagumkan saat pesawat ciptakan pelangi buatan, keren pol!

Dalam dunia penerbangan, peristiwa langka ini biasa disebut dengan Rainbow Contrails.