Asteroid besar akan melintas mendekati Bumi pada 19 April 2017

Brilio.net / 23 Mei 2017 / ilmiah




Brilio.net - Kalau kamu penggemar film dengan bertemakan bencana tentu sudah tidak asing lagi dengan judul film Armageddon dan Deep Impact. Yup, kedua film tersebut bercerita tentang asteroid yang hendak menghantam Bumi dan bisa menyebabkan 'kiamat kecil'.

Pernah merasa ketakutan akan hal itu? Baru-baru ini NASA merilis adanya sebuah asteroid besar yang ditemukan tiga tahun lalu akan melintas mendekati Bumi pada 19 April 2017 nanti.

NULL

Eits, kamu jangan ketakutan dulu ya. Asteroid tersebut sudah dipastikan tak akan menabrak Bumi. Saat melintas nanti, jaraknya sekitar 1,8 juta kilometer dari Bumi. Kejadian itu akan menjadi perjumpaan paling dekat antara asteroid dan Bumi dalam sedikitnya 400 tahun terakhir.

Dilansir brilio.net dari laman resmi NASA, Sabtu (15/4), Asteroid 2014 JO25 yang ditemukan pada Mei 2014 oleh astronom dari Catalina Sky Survey dalam proyek kerja sama NEO Observations Program NASA dan University of Arizona tersebut berdasarkan hasil pengukuran sementara ukurannya 650 meter.

Asteroid itu akan mendekati Bumi dari arah matahari dan akan bisa dilihat di langit malam menggunakan teleskop kecil, satu atau dua malam setelah 19 April sebelum dia dengan cepat menjauhi Bumi.




Penjelasan Ilmiah Antariksa NASA Luar Angkasa


Artikel Terkait

Fakta ilmiah di balik tangan masuk logam panas yang tak alami cedera

Sebuah video yang menunjukkan seorang pekerja yang menyelupkan tangannya ke logam cair panas viral baru-baru ini.


5.000 WNI siap pindah ke negara di luar angkasa bernama Asgardia

Wah, namanya mirip dengan negara asal Thor.


Kenapa saat gatal kulit butuh pelembab? Ini penjelasannya

Jika gatal lalu digaruk maka bisa muncul masalah baru pada kulitmu.


Penjelasan ular menelan manusia

Kejadian yang sangat spesial, jarang sekali ular memangsa manusia