10 Sinetron dan film ini bukti Nani Wijaya aktris watak serba bisa

Brilio.net / 20 April 2017 / film




Brilio.net - Nani Wijaya dikabarkan akan menikah lagi dengan sastrawan Ajip Rosidi April ini. Pernikahan dua sosok yang kini sudah berkepala tujuh dan sama-sama mempunyai enam orang anak ini pun mendapat banyak perhatian dari netizen.

Sosok Nani Wijaya merupakan aktris serba bisa yang telah membintangi puluhan sinetron maupun film. Wanita 72 tahun itu telah memulai karier sekitar tahun 1960. Nani Wijaya juga disebut aktris watak serba bisa. Peran galak, melankolis, hingga ibu yang cerewet bisa ia lakoni.

Nah, berikut 10 sinetron dan film dari sekitar 55 film dan 32 sinetron sebagai bukti Nani Wijaya aktris watak serba bisa, sebagaimana brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (4/4).

1. Si Doel Anak Betawi.

NULL

foto: wikipedia.org

Tahun 1972, Nani Wijaya ikut ambil bagian dalma film Si Doel Anak Betawi yang dibintangi antara lain oleh Rano Karno, Tutie Kirana, dan Benyamin S.


2. R.A. Kartini.

NULL

foto: wikipedia.org

Tahun 1984, Nani Wijaya juga mendapatkan peran dalam film R.A. Kartini. Sosok Kartini dalam film buata Sjumandjaja ini diperankan oleh Yenny Rachman. Nani Wijaya pendapatkan Piala Cinta untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 1983 berkat film ini.


3. Catatan Si Boy.

NULL

foto: unity-technology.com

Dari 55 film yang sudah pernah diperankan Nani Wijaya, film yang pertama kali muncul tahun 1987 ini menjadi salah satu film yang sangat fenomenal. Karena laris, film ini bahkan hingga dibuat 5 seri.


4. Doa Membawa Berkah.

NULL

foto: Istimewa

Ibu dari enam orang anak ini juga ikut bermain dalam sinetron yang laris tahun 2000, Doa Membawa Berkah. Sinetron ini dibintangi oleh Tamara Bleszynski, Anjasmara, David Chalik, Marini Zumarnis, hingga Nikita Willy.


5. Wah Cantiknya.

NULL

foto: Istimewa

Masih ingat sinetron Wah Cantiknya tahun 2002 yang dibintangi Anjasmara dan Tamara Bleszynski? Ya, pada sinetron itu Nani Wijaya berperan sebagai ibu Encep yang terkenal galak dan cerewet namun sangat menyayangi Encep. Karena laris, sinetron itu pun berlanjut menjadi Wah Cantiknya season 2 dan Si Encep.


6. Bajaj Bajuri.

NULL

foto: Istimewa

Bajaj Bajuri menjadi sinetron yang membuat nama Nani Wijaya selalu dikenang. Lewat perannya sebagai emak dari Oneng, Nani Wijaya sukses melakoni sosok emak-emak yang selalu merusuhi aktivitas anak dan menantunya. Lewat sinetron bajaj Bajuri, Nani Wijaya memperoleh penghargaan sebagai Aktris Pembantu Terpuji Festival Film Bandung 2005.


7. Doa Yang Mengancam.

NULL

foto: Istimewa

Film Doa Yang Mengancam yang juga dibintangi Aming ini dirilis pada 2008. Pada film itu, Nani Wijaya berperan sebagai ibu dari Madrim (Aming). Totalitas bermain tak cuma dilakukan oleh Aming, tapi juga Nani Wijaya. Jika biasanya Nani mendapatkan peran ibu yang baik hati dan tegar, di film ini ia mendapatkan peran ibu dengan masa lalu sebagai pelacur dan merokok.


8. Maling Kutang.

NULL

foto: wikipedia.org

Nani juga pernah ikut bermain dalam film komedi berjudul Maling Kutang. Ia berperan sebagai nenek dari Sugeni (Arie Untung), penjual cokelat berkostum gorila yang beralih menjadi banci. Sugeni yang meminjam kutang bersejarah milik neneknya untuk dipakai. Kutang itu lalu menjadi masalah bagi banyak orang setelah dibuang.


9. Ummi Aminah.

NULL

foto: Istimewa

Berbeda dengan film-film sebelumnya di mana ia menjadi pemeran pendukung, pada film yang rilis tahun 2012, Nani Wijaya menjadi pemeran utama.

Ummi Aminah (Nani Wijaya), ustazah idola yang memiliki ribuan jamaah setia. Ke mana pun ia ceramah, masjid selalu penuh. Apalagi karena ia tak pernah meminta bayaran. Tapi kebaikannya itu ternyata diuji dengan berbagai masalah yang menimpa keluarganya.


10. Tukang Bubur Naik Haji The Series.

NULL

foto: Instagram/@sinemart_ph

Peran Nani Wijaya yang masih diingat hingga saat ini adalah Emak Haji di sinetron terpanjang Indonesia, Tukang Bubur Naik Haji The Series. Sinetron panjang sebanyak 2.185 episode ini menjadikan Nani Wijaya sebagai salah satu tokoh sentral.

 




Film Indonesia Sinetron Sinetron Indonesia Aktor Aktris Senior


Artikel Terkait

10 Fakta Nesa Aqila, si cantik pemeran Arini dalam SYTD The Series

Ia merupakan pemenang Putri Muslimah 2015 dan ternyata juga sudah berprofesi sebagai model sekaligus penyanyi.


10 Meme ini hibur kamu yang kecewa karena drama Goblin disinetronkan

Sinetron itu bikin pecinta drama Korea patah hati.


Tamat di episode 44, yuk intip momen kebersamaan para pemain BMBP

Padahal sinetron ini baru resmi tayang pada 20 Maret lalu.